Selasa, 13 November 2012

Happy Deepavali

Celebrating Deepavali

Besok Hari Libur resmi di Singapura, umat Hindu merayakan Hari Raya Deepavali, festival cahaya.
Festival yang bertujuan merayakan kemenangan kebaikan melawan keburukan, terang melawan gelap.

Pada hari ini umat Hindu berkumpul bersama keluarga setelah selesai bersembahyang di kuil, merayakan hari baik ini dengan makan bersama.

Di rumah lilin dinyalakan dan rangoli, hiasan lukisan di lantai yang dibuat dari bubuk warna warni  menghiasi rumah-rumah umat Hindu, cantik sekali.

Anak-anak menyalakan kembang api karena kembang api dipercaya bisa mengusir roh jahat :-) berisik mungkin?


Little India - Welcoming Deepavali
Desak-desakan di Little India, orang-orang sibuk berbelanja keperluan Deepavali.


Celebrating Deepavali
Salah satu hiasan gantung untuk di rumah yang dijual di Little India


Tahun ini saya diundang merayakan Deepavali di rumah salah seorang teman. Karena tidak sempat membeli dessert khas India yang manis dan lezat rasanya, akhirnya saya membawa coklat saja. Waahaha....tidak level ya? Yah...tidak apa-apalah, lebih baik membawa sesuatu daripada tidak samasekali.

Candles for Deepavali
Lilin warna-warni...siapa mau beli?

Tidak ada pembuatan rangoli pada perayaan di rumah teman saya, hanya ada lilin di mana-mana. Tapi.... ada banyak makanan lezat menanti (lho...tidak ada hubungannya ya :-) Chapatti, sayur labu kuning, sayur terong, ayam bumbu, nasi briyanni ....hmmmm!

Celebrating Deepavali

Happy Deepavali to my Indian friends who are celebrating the Holiday!




4 komentar:

bunavita mengatakan...

ih seru banget yah. disini jg banyak orang india tapi nggak begitu brasa ya mba?
anyway, happy deepavali, for all!

Dyah Peni T Sari mengatakan...

Iyaaa...seru warna warni :-) we had a good break :-) seneng....hehe makasih ya

Lambertus Hurek mengatakan...

Di Surabaya juga ada pesta macam ini tapi jarang diketahui masyarakat luas. Biasanya dilakukan di komunitas India yang agak tertutup. Ritual2 ala Hindu di Indonesia rupanya sudah diwakili oleh masyarakat Bali, dan orang asal Bali di seluruh Indonesia, dengan caranya yang khas. Sudah sangat Indonesia, bahkan ala Majapahit, sehingga yg kental India kayak Deepvali malah tidak dikenal masyarakat.

Tapi, jangan khawatir, di Indonesia sejak zaman dulu musik dan film India sangat heboh. Termasuk si dangdut yg sangat kental India.

Dyah Peni T Sari mengatakan...

Bang Hurek,

Wah saya baru tahu kalau di Surabaya juga ada festival ini. Tapi sebenarnya tidak perlu heran juga ya, karena masyaraat Hindu India di manapun pasti merayakan hari suci ini. Ada kuih muih manisnya kaaah?

Musik dangdut yang kental bernuansa India banyak dinyanyikan oleh artis Ellya Kadam dulu ya bang? Masih punya kaset nya gak? :-)

Popular Posts