Minggu, 17 Mei 2009

HOTEL MURAH DI SINGAPURA




Sebenarnya sudah pernah posting ttg judul di atas, tapi yg dulu lebih banyak bercerita ttg pengalaman membantu teman reservasi hotel, last minute! Jadi lebih banyak berisi unek2 daripada info. Hehehe.... 

Oke...kali ini moga2 posting lebih berguna ya!

Sering teman2 yang akan berlibur ke sini minta saya cari info ttg hotel yang murah, bersih di sini.Hm...susah2 gampang...karena biar sudah bertahun2 tinggal di sini, yang namanya merasakan tinggal di hotel ya hampir tidak pernah hehe. Jadi....ini bbrp info dan tips yg saya dapat selama ini. Moga2 akurat dan membantu ya:

1. Lokasi hotel? Di mana
    Singapura kota / negara kecil dengan sistem transportasi umum yg baik. Di manapun anda menginap, jika itu hotel...pasti mudah akses nya. :D Jalan sedikit ke halte bis / MRT tidak apa2 kan?  Selain daerah Orchard (pusat perbelanjaan) yang sudah jenuh kyknya, anda juga bisa cari hotel di daerah Chinatown (lihat contoh hotel di bawah), daerah Bugis, daerah Little India. Daerah2 ini lebih kaya dengan nuansa budaya dan old charm nya. Daripada Orchard yang spertinya di mana2 sama...wong namanya mall ko
k! :D

2. Pertimbangkan tinggal di ruko2 yg sudah direnovasi menjadi budget boutique hotel spt:
The Keong Saik Hotel, Royal Peacock HotelChinatown Hotel (semua di daerah Chinatown), Oxford Hotel (daerah Bugis).  Biasanya hotel2 ini cantik dan antik, walau mungkin kamar agak kecil ya. 

Satu lagi, seorang murid yang juga pemimpin perusahaan sekuriti besar di sini pernah berkata kalau ada tamu dari luar, biasanya dia rekomendasi HOTEL 81, karena bersih dan murah. Silakan cek, mereka punya banyak cabang di Singpaura  :D
 3. Check link ini untuk yg mengutamakan budget:
    Selebihnya...berarti bukan budget lagi dooong :D. Cek di sini aja ok?

4. Pertimbangkan musim turis dan musim libur sekolah. 
Biasanya bulan Juni dan akhir tahun adalah peak season, karena itu adalah masa libur sekolah. Jadi rate hotel2 biasanya akan lebih tinggi dan juga banyak kamar yang sudah direservasi. 

5. Budget hotels, what to expect:
    a. Ada bbrp budget hotel yg punya peraturan di mana penyewa hanya bisa memasukkan 2 orang maksimum dalam 1 kamar. Mungkin karena kamar-kamarnya kecil, dan juga supaya turis yang sangat menjaga budget (hihi...maksudnya yang mau ngirit) tidak bareng-bareng sewa 1 kamar buat berempat atau berlima! 
   b. Kondisi kamar.
   Kadang kamar windowless, tidak berjendela. Kadang tidak ada kamar mandi di kamar, jadi hanya common bathroom di ujung koridor yang digunakan bersama tamu hotel lain. Jadi jangan lupa tanya fasilitas dan kondisi kamar sebelum reservasi. 
   c. Kondisi Kamar
   Berisik? Kadang2. Terutama jika lokasi hotel bersebelahan dengan club atau karaoke :D Hehe...apa boleh buat...namanya juga budget.
   d. Pake breakfast? 
Kadang...tapi seringnya tidak termasuk paket. Jangan lupa tanya. Tapi jangan khawatir, sekitar hotel pasti ada banyak warung kopi yg buka pagi2 atau paling parah ada toko 7-11 yg buka 24 jam. Biasanya kalau hanya roti, pau, sandwich dan susu saja pasti mereka jual.

(sarapan roti panggang dan kopi ala orang Singapura? ah...itu enak sekali :D)

6. Online booking
    Cepet dan praktis. Tinggal tilpon ato email, dapat konfirmasi. Begitu sampai di hotel, baru bayar2 dll. Tapi...beri waktu 2-3 hari untuk proses nya. Jadi jangan pesan kamar hari ini untuk check-in hari ini juga. Kemungkinan besar anda tidak akan dapat kamar, atau kalaupun dapat kamar, harganya mungkin tidak seperti yg tertera pada website. Ini karena para agen (link yg saya beri itu perusahaan swasta yg memang bisnisnya dari komisi hotel2 yg sudah mereka carikan konsumen ya) hotel tidak bisa dapat untung dari transaksi pada hari yg sama. Pengalaman niiih....kalau anda butuh kamar untuk hari ini juga, lebih baik tilpon hotelnya langsung deh (tapi harga lebih mahal). Sama saja cara kerja nya dengan agen travel dll ya kan?

Okeee....sspertinya itu dulu info dari saya. Kalau ada yg terliwat mohon maaf, nanti saya posting lagi atau perbarui infonya, jika ada.

Selamat berlibur dan jalan2 di Singapura!!!!  :D


15 komentar:

Lisa mengatakan...

Good reference, TFS Dy

si Dyah mengatakan...

Lisa...TFS itu apa yaaa?
Mahaap gak mudeng :D

Lambertus L. Hurek mengatakan...

Aku ya gak mudeng TFS. Mungkin matur suwun sing akeh, Ning Dyah. Hehehe...

Artikel ini bagus buat orang Indonesia yang mau pigi jalan-jalan di Singapura, tapi duitnya terbatas. Kayaknya Mbah Dyah ini sudah patut jadi guide nih. Sudah lama tinggal di negara singa, tahu banyak jeroannya Singapura.

Dan memang, setahu saya, banyak orang kita yang menawarkan jasa sebagai pemandu wisata. Buat tambahan sikit-sikit lah.

si Dyah mengatakan...

Bang Bernie,

Waahhh....jadi guide sih engga, tapi karena sudah lumutan tinggal di sini, jadi bisa kasih satu dua informasi. Semoga berguna ya?

Bang Bernie kapan ke sini lagi :D

shantz mengatakan...

Hallo Dyah, iya nih lagi sibuk dua arah! kan penghujung tahun ajaran, as a teacher aku lagi heboh hebohnya ngeberesin portfolios anak anak PLUS ngurus ngurus acara jalan jalan tentunyaaaa...hahahha. thanks for the info ya, akhirnya aku dan temen temen nyewa apartment di Cavanagh Garden. Harga cukup bersahabat dan lingkungan yang decent plus adjacent ke orchard...the magnet of the city. hihihi. Mungkin kita bisa ketemuan?

si Dyah mengatakan...

Shantz,

memang banyak apartemen yang disewakan harian begitu. Tapi baru2 ini ada byk berita miring sih ttg penginapan jenis spt itu...lha...saya jadi ragu menyarankan ke situ. Hehe...

Tapi kalau short term accomodation saja sih kurasa masih tidak apa-apa. Hayo atuh ketemuan...:D

Milla Widia N mengatakan...

TFS mean: Thanks For Sharing...(I guess) hihihhi sok tau ye...

ya udah TFS aja deh, kapan2 aku ke singapur lagi... ^^

hotel murah di singapore mengatakan...

pak terima kasih atas informasi ya!

sabani mengatakan...

Ini sememanya satu post yang amat bagus!

Hotel Murah Singapura mengatakan...

Menemukan hotel murah di Singapura yang bersih dan nyaman memang gak sulit

Dyah Peni T Sari mengatakan...

sama-sama :-)

Dyah Peni T Sari mengatakan...

terimakasih. Semoga berguna ya :-)

Dyah Peni T Sari mengatakan...

betul sekali :-)

minhosank mengatakan...

Di web aku baca juga bnyk di chinatown tapi itu dekat khan ma marina bay hehehehehe

Singapore Travel Agent mengatakan...

Thanks for sharing the hotel rates and the things to expect with the hotels in Singapore. Great post and advice for first time and solo travelers.

Popular Posts