Rabu, 09 Januari 2008

Cari Hotel Murah DI Singapura

Pagi2 HP berdering. Lihat nomor....unknown. Siapa nih? BIasanya oversea call. Benar, ternyata dari sahabat baik di Jakarta. Dia berkata hari ini dia dan ibu dan tantenya akan datang di Singapura, lebih cepat dua hari dari rencana semula. Dan karena lebih cepat, dia minta tolong dicarikan penginapan, yang bersih...sederhana dan kalau bisa murah. Rencana awal teman saya ini akan mengantar orang tuanya berobat di salah satu rumah sakit di sini. Mereka awalnya akan datang dua hari lagi. Rupanya ada beberapa hal yang diurus dulu, jadi teman saya mesti ke sini malam ini juga.

Waaahhh....cepat2 saya buka yellow pages dan online cari info hotel. Ternyata, aduh mak....susyaaaahh banget dapat kamar kosong last minute di Singapura! Apa yang bikin susah? Banyak sebab, tapi pokoknya jangan :

1. Jangan booking last minute/ same day karena pastinya gakda kamar. Jika lewat agent hotel booking pun biasanya mereka minta waktu 2-3 hari sebelum datang, harus reservasi. Kalau last minute spt ini...gak bisalah
2. Jangan nginep di Budget hotel (banyak di daerah Chinatown)...jika bawa orang tua. Kamar2nya kecil, kadang tidak ada jendela (!!!), kalau malam berisik krn biasanya dekat club2 malam atau jalan raya.
3. Jangan datang bertiga, berlima atau bernomor ganjil jumlah anggota grupnya. Budget hotel membatasi tamu kamar hanya 2 orang perkamar. Jadi kalau anda datang bertiga...mesti sewa 2 kamar, sama aja bukan budget hotel lagi dong. BUdget hotel itu sekitar 100-120 dolar permalam.
4. Jangan lupa tanya apa fasilitas kamarnya, ada kamar mandi kah di kamar, telepon, TV, jendela (i'll definitely freak out di kamar gak berjendela!), berapa lantai, MRT / bus station terdekat etc
5. Jangan lose temper jika dilayani pegawai yg bahasa Inggrisnya gak jelas (biasanya mereka pekerja asing di sini, kayak kita juga gituuuu hehehe). Sabar...sabar....
6. Jangan lupa cek info/review ttg hotel yg diinginkan online. Pengalaman ada yg kasih review bagus banget...tapi ada juga yg menyumpah2 pada review hotel yg sama. So...abis baca review, baca bismillah dan ambil kesimpulan sendiri aja hehehe.
7. Jangan menutup kemungkinan tinggal di apartemen2 yg disewakan secara partikelir. Kadang jika beruntung bisa dapat kamar master besar lengkap dg kamar mandi, TV, tilpon. Bisa masak juga karena ini apartemen orang. Nah...yg begini sayangnya bukan penginapan resmi/legal, jadi kalau ada dispute susah penyelesaiannya. Tapi ratenya murah lho antara 65-86 dolar per malam.

Hmmm....kayaknya itu yg ingat. Ohya cari info ttg hotel bisa ke sini:
http://www.asiahotels.com/
http://www.agoda.com/
http://www.hotels.online.com.sg/

Kembali ke cerita ttg perburuan hotel untuk sobat saya ini. Akhirnya dapat juga hotel di daerah Farrer Park MRT, dekat Mustafa Centre. Inipun dapat info firsthand dari adik saya yg kebetulan sedang jalan2 ke daerah Mustafa Centre, begitu tahu saya lagi desperate cari kamar, dia drop by di hotel ini, tanya2 trus kasih info ke saya. Trus...saya tilpon, rekomendasi ke temen...trus booking dah. Fiuh....ampun, sepaneng juga saya seharian ini.

Untung...untung ada adik saya....
Eh...tapi moga2 hotelnya oke ya. hehehehe. Besok saya tilpon teman saya...mau tahu gimana komentar dia. Sekarang harap2 cemas dulu ah. Kalau hotel gak oke, kasihan ibunya dan tantenya. Manalagi ibunya seasoned traveler, bisa2 standar pengharapan tidak sama dengan kenyataan. ;P

Tidak ada komentar:

Popular Posts