Senin, 08 Juni 2009

7 Habits of Happy Kids

 

Siapa yang tidak kenal buku laris dari Stephen Covey yang berjudul 7 Habits of Highly Effective People? Ahaaa....jadi ingat jaman2 saya ikut satu MLM yang menjadikan buku ini satu pegangan bagi para anggotanya untuk mengolah sikap, terutama dihubungkan dengan bisnis MLM yg mau dikembangkan. 
Nah, satu-dua minggu lalu saya kebetulan melihat buku ini : 7 Habits of Happy Kids; di toko buku. "Hm...bagus tidak ya? Jangan2...isinya memaksa?" Mau tahu kan?
Buku ini ditulis oleh Sean Covey, anak dari Stephen Covey, dan diperuntukkan bagi anak di bawah umur 12 tahun, untuk memperkenalkan ide2 dan pemikiran Stephen Covey. Jadi topik di buku terbagi dalam 7 bab, antara lain: Be Proactive, Begin with The End in Mind, Put First Things First, Think Win-Win, Seek first to Understand and then Be Understood, Synergize dll.
Wah wah...kedengarannya berat ya? Tapi...menariknya buku ini bisa mengangkat tema2 tadi dalam bahasa sederhana dan cerita yang menarik bagi anak2! Ada tujuh karakter anak pemeran utama buku ini, masing2 dengan keunikannya, ada tokoh anak yang lebih condong ke arah seni, olahraga, musik, tokoh anak yang senang membaca dll. Jadi...saya pikir, anak2 yang membaca buku ini bisa mengidentifikasi diri mereka dengan salah satu tokoh anak, pintaaaar :D
Saya suka cerita Lily Plants a Garden, yang mengangkat tema Think Win-win. Topik ini mengajarkan pada anak, kalau mau sesuatu tidak bisa memaksa, harus think win-win situation. Lumayan...setiap kali si Raja kecil minta sesuatu yang bombastis, kita bisa ingatkan kembali pada topik bacaan ini, apa konsekwensinya, apa tanggungjawabnya...hehe. Lumayan, agak berhasil lah, ini kita bicara pada anak umur 4 1/2 tahun lho.
NIlai tambah buku ini: pada setiap akhir bab ada bagian diskusi dan baby steps, atau saran kegiatan lanjutan yang bisa dilakukan bersama anak untuk menguatkan penanaman nilai yang diajarkan. Bagusss!!!
Ohya...satu lagi, bahasa buku ini benar2 bahasa sehari-hari dan sederhana. Anak yang baru bisa membaca spt anak saya, langsung 'ketagihan' dan senang membacanya!
Kesimpulan? Saya rekomendasi buku ini sebagai bacaan bersama dengan anak anda! Semoga bisa bermanfaat! Selamat membaca!!! :D

Posted by Picasa

12 komentar:

Milla Widia N mengatakan...

wooow... di Gramedia ada gag yah.... :-D

Ayu mengatakan...

Boleh ngopi ga? Hue he he, jadi inget masa kuliah :p

shantz mengatakan...

beli, aaaah.... :D

Unknown mengatakan...

Milla: ada kali yaa Mil? :D

Ayu: hadooh ...sekarang mah takut kopi2 sembarangan yaaak? hehe.. Gak mahal kok Jeng

Shantz: yuk yuk beli ....!

Lidya mengatakan...

Wah bagus juga nih mbak keliatan nya.coba ah mau beli. Thx loh.mbak boleh aku link blog nya?

Lidya mengatakan...

bagus juga kaya nya ya mbak buku nya. aku mau cari ah.

Neng Keke mengatakan...

Thank u masukannya yaaa... ;)

Hamster Copo mengatakan...

Waah..pasti bagus banget tuuh buku sampai--sampai anak kecilpun ketagihan!! maunya siih beli *penasaran* tapi setelah aku pikir--pikir,,akukan sudah dewasa masak beli buku yang diperuntukkan anak kecil..oia yaa guekan Hamster jadi enggak bisa besar--besar (dewasa)hehehe

Lisa mengatakan...

TFS this book Dy, ntar liat2 di toko buku deh kalo ada bhs perancisnya

Trully Chandra mengatakan...

hai...setelah membaca ulasannya jadi tertarik juga untuk beli buku tersebut...
buku yang sis beli itu versi indo or inggris yah?
kalo versi inggris...udah ada lom yah versi indo nya...thx

dyah mengatakan...

Lisa, keke...sama2...trimakasih juga :-)

hamster...gpp semua orang bisa baca kok. Bagus :-)

trully...buku yg saya beli berbahasa inggris. Saya tidak tau ada atau tidak bhs indonesianya, tp coba cari saja d gramed mungkin? Tp versi asli dlm bahasa inggrisnya bagus dan bhsnya mudah dicerna serta kosakatanya sederhana.

Beni Santoso mengatakan...

hi dyah...thanks for ur reply

Popular Posts