Selasa, 22 Mei 2007

Property Booming

Pemerintah Singapura memiliki visi yang jauh ke depan untuk negara dan rakyatnya. Salah satunya, mereka ingin membuat Singapura menjadi salah satu Education HUB di Asia...dan mungkin juga dunia. Sudah banyak sekolah/ universitas berkelas dunia yang membuka cabang atau bekerja sama dengan universitas lokal di Singapura. Contohnya John Hopkins, Chicago Business School, Duke University, INSEAD dll. Dengan adanya universitas kelas dunia ini di Singapura, diharapkan dalam 15-20 tahun ke depan Singapura bisa menarik banyak (80 ribu? kalau tidak salah) murid dari negara2 tetangga Asean hingga Asia Timur spt Jepang, Korea sampai Amerika dan Eropa.

Dalam hal investasi, pemerintah Singapura tidak pernah main2. Mereka ada proyek besar yg hingga sekarang masih jadi bahan pembicaraan masyarakat. Ada yang mendukung...ada juga yang menolak dan tidak setuju dengan rencana ini. Proyek apakah itu? Proyek Integrated Resort/ Resor Terpadu di Sentosa, termasuk pembangunan Kasino besar kelas dunia di sana.

Adanya proyek besar ini tentunya akan mengundang banyak foreign talents datang dan bekerja di Singapura, sesuatu yang menjadi harapan pemerintah Singapura.

Efek yang sudah dirasakan sekarang adalah....menaiknya harga properti. Orang yang ingin membeli properti, flat, condominium, rumah apa saja...harus berpikir beberapa kali sekarang, karena harga properti terus menaik. Well...kalau ada uangnya, beli sekarang! Sekarang! hehehe
The price will not go down for the next three to four years, kayaknya.

Begitu juga dengan harga sewa flat. Banyak teman yang sudah mengeluh karena tiba2 landlord mereka menaikkan harga sewa. Bahkan ada yang hingga dua kali lipat! Crazy! Adik saya sekeluargapun tak luput dari fluktuasi harga properti gila-gilaan ini. Mereka harus keluar dari flat mereka akhir bulan depan, karena flat mereka akan dirubuhkan...untuk dibangun menjadi condominium baru. Sekarang harusnya (saya cuma bisa menerka2 karena tidak berani bertanya langsung) mereka sedang panik mencari flat baru yang ... harga sewanya masuk akal dan budget mereka.

Kalau keadaan seperti ini, siapa yang menarik untung? Orang2 yang memiliki rumah sebagai investasi. Mereka bisa menyewakan rumah/flat mereka dengan harga bagus, atau menjualnya dalam satu dua tahun ini. Untung banyak. Waaa....sayang, saya bukan salah satunya.

Tidak ada komentar:

Popular Posts