Selasa, 17 Maret 2009

Kopi Aroma Banceuy




Kopi Aroma bikinan pabrik kopi di Banceuy Bandung, Jawa Barat. Ah..ya tentu saja, teman saya banyak yg bersekolah di Bandung siiih.

Pabriknya sudah ada sejak tahun 1930 an. Pabrik tua...masak biji kopinya pun menggunakan kayu bakar (pssst...sori ya buat teman2 yang pencinta lingkungan, masak biji kopinya masih belum ramah lingkungan nih). Bubuk kopi yg sudah jadi dibungkus secara manual dalam paket kecil2 250 grm saja. 

Saya selalu dapat jatah kopi ini dari kakak saya yg tinggal di Bandung. Minum kopi ini ah.... harum aromanya...dan kopinya tidak bikin perih di lambung. Katanya karena biji kopi nya disimpan / peram dulu di gudang selama beberapa tahun (8 tahunan) untuk mengurangi kadar asamnya! Waaaah...wah...

Ngopi time ala orang Indonesia? Banyak kombinasinya:

Kopi + pisang goreng
Kopi + bakwan goreng
Kopi + talas goreng
Kopi + singkong goreng
Kopi + combro
Kopi + tempe bacem..... lho?    hehehe...itu kombinasi ngopi time ala teman saya! 
anda ada kombinasi lain ?

Intinya...minum kopi dengan penganan kecil apapun...ahhhh sedapnya!

PS: Klik fotonya buat baca tulisan di bungkus nya ya!  
Itu pake bahasa jaman nenek moyang lho!

14 komentar:

mita mengatakan...

kopi+murruku
kopi+jelebi
kopi+vadai
kopi+roti bakar keju-susu kntal mnis.
hihiihi...ini mah tulisannya orang laper yah?

mayascratch mengatakan...

wew, belum pernah tau kopi ini. Hebat jg ya hrs di pendam dulu.

HumorBendol mengatakan...

Kalo Bendol cuma 1 thok mbak
Kopi + Rokok
apalagi pas ujan.
Nikmat...hmmm...
Oh iya, dapat salam dari Mas Arya, soale koneksi dia lagi hancur, jadi belom bisa datang hehe...
Makasih

Arya mengatakan...

Kalo di tempatku ada lagi mbak...
Kopi + ketan koya + tempe : disajikan saat pagi buta selepas sholat subuh, di kedai-kedai banyak menyajikan itu, jadi kebiasaan wajib bagi para jamaah setelah turun dari sholat subuh...bener-bener rasanya beda saat dinikmati pada waktu tersebut...seakan waktu berhenti sejenak dan keluar dari aktivitas rutin yang selalu mengejar...
waduh dah lama aku gak bisa maen kesini, jadi kangen postingannya, kan lagi pada sehat semua kan mbak ??

Yanti Wyant mengatakan...

aku ngak suka kopi...kalo combro mau sekali :)

si Dyah mengatakan...

Mas Bendol...

Haduh piye mas, mrokok nya dikurangi ya...pelan2 hihi . Biar jadi kopi + combro spt kata mbak Yanti!

Arya...
Ahhh....segar dan ademnya udara subuh...membuat hati kita juga adem ya. :)
Apalagi ditambah kopi + tempe + ketan koya...makin anteng deh

Mbak Yanti...
Aiiih...combro...udah lama banget gak makan ituuuu :( Kangeeen

poppy mengatakan...

wah boleh juga kopinya..plus kombinasinya :)

oh iya...kakakmu yang cuakepp itu apa kabarnya?

Judith mengatakan...

Kopi ama kacang kulit, he he.. kalo aku sukanya ngopi sambil maem aneka desseet :-)

si Dyah mengatakan...

@poppy....

ini poppy temen SMA yaaa? hayo seluruh kampung pada nyariin kamu lho! Di manakah keberadaan mu?

Oiya...kakakku masi cakep (lha iya wong saya adeknya) sekarang jadi indie jones modern :)

@mbak Judith...

Aduuh mbak saya juga seneng itu deseeeet yg manis2 yg nggemuki ! hihihi

Syari mengatakan...

Kopi + pisang goreng waktu sejuk2 ketika hujan. Nyam nyam, oh ya sambil menonton filem Hindi. That's what I use to do with my family back in M'sia. Ha ha ha ha

Lambertus L. Hurek mengatakan...

Wow, bener-2 mooi itu koffie bikinan orang-2 Priangan, pasti bikin kita poenja mata tra akan ngantoek. Loer biasa karena Mbak Dyah soedah berhasil kasih lihat itoe koffie jamannja Hindia Belanda di mana toen-2 en njonja Belanda doedoek2 manis di villa, minum koffie, makan goreng pisang, kemudian dengar itu Miss Riboet njanji kerontjong lalalala...

Beta sendiri masoek dalam bilangan orang-2 jang soeka banget sama itoe minoeman jang terboet daripada boeboek hitam jang pahit. Ja, ja... koffie itu eksotis, tak akan pernah mati. Aroma dan rasanja aken tinggal tetep dari oma, opa, sampai ke tjutju-2 en tjitjit2.

Mbak Dyah, saja utjapken diperbanjak terima kasih soedah kasih lihat gambar koffie Bandoeng jang penoeh dengan rasa nostalgia tempo doeloe. Selamat minoem koffie ja....

Daag!

si Dyah mengatakan...

Syari,
Asyik sekali ngopi + filem hindi!
Hati-hati kopi tumpah karena syari asyik bergoyang hindi! LOL

Mas Hurek,
Geli...geli...
Batja U poenja komentaar..ik bedank U soedah bikin ik senang, lach...in de morgen ;)
Elke morgen ik drink koffie...lekkerrrrr...

Hadoooh mati aku pake bhs ini! ;D

Risma Hutabarat mengatakan...

Nah, ini dia artikel kopinya. Ternyata kopi Banceuy ini termasuk dalam kategori kopi antik ya mbak. Hehehe.. Apalagi kalau pembuatannya masih tradisional seperti itu. Berarti kopinya cuma untuk distribusi lokal saja dong..

Kalau padanan kopi, tetap saja saya suka roti bakar dengan olesan mentega dan srikaya (gembrot? biar aja deh. yang penting enak.) hehehe

Adhiemsumitro mengatakan...

Nyampe kesini karena kopi aroma muncul di tv-one 3jan2010 .. Bakal gue minta jadi oleh2 temanku yang mudik ke bandung :-)

Popular Posts