Minggu, 29 Agustus 2010

Waktunya Menikmati Bulan


Ketika kita mulai melihat kue-kue cantik seperti di atas dijual di mana-mana, nah berarti tibalah waktunya Mid-Autumn Festival atau Mooncake Festival atau Lantern Festival!

Festival Musim Gugur atau Mid-Autumn Festival juga berlangsung dan dirayakan di Singapura. 
Festival ini identik dengan kue bulan "Mooncakes" yang lezat seperti di foto di atas. 

Mid-Autumn sendiri jatuh pada hari ke 15 bulan 8 kalender lunar (Lunar Calender). Pada saat ini biasanya masyarakat Cina di Singapura akan makan malam dengan keluarga (kalau perlu makan ala al fresco), minum teh dan menikmati kue bulan ini, sambil memandang dan menikmati keindahan bulan purnama. Anak2 kecil menikmati festival ini karena biasanya mereka akan berlomba memasang lampion/ lantern yang cantik dan menarik. Senang ya?

Cerita tentang sejarah bermulanya Mid-Autumn Festival beragam. Salah satunya berkaitan dengan legenda permaisuri cantik Chang Er yang terbang dan tinggal di bulan setelah meminum cairan elixir milik suaminya. Sang raja berniat membunuh semua matahari yang telah membuat rakyatnya sengsara karena menyebabkan kemarau, kekeringan dan gagal panen. Permaisuri Chang Er meminta suaminya untuk membiarkan satu matahari di langit untuk menerangi bumi, tapi sang raja tidak setuju. Itulah sebabnya, Chang Er meminum cairan elixir sang raja sebagai tanda protes. Setelah minum....terbanglah ia ke bulan dan hidup selamanya di sana.

Mulai saat itu, tiap tanggal 15 bulan 8 kalender bulan, masyarakat menikmati keindahan bulan dan berharap bisa melihat permaisuri yang cantik ini di sana! 

Tentang mooncakes/ kue bulan sendiri? Kue ini berukuran kira2 8x8cm dengan ketebalan 3-4cm. Isinya biasanya pasta dari biji teratai (lotus seed paste), ada kuning telurnya juga di dalam...yang merepresentasikan bulan. Kan namanya mooncake festival. Biasanya dijual perkotak 4 buah dengan harga berkisar 30-50 dolar Singapura. Tapi untuk anda yang muslim, jangan lupa cari tanda halal sebelum membeli kue ini ya? :-)

Begitulah...saya penggemar kue bulan...alangkah senangnya jika festival ini tiba :-)

3 komentar:

Nikita mengatakan...

Whoaa.. Yummy!! Mooncakes khas Singapura emang enak banget rasanya!! I'll do whatever it takes to try those yummiest and most delicious Mooncakes in Singapore :)

refinehere mengatakan...

aku sampai sekarang belum bisa menikmati mooncake heheeheh, nggak tahu deh! belum bisa nelennya hahahaha.

si Dyah mengatakan...

NIkita... slaam kenal ya.
Iya...saya juga penggemar kue bulan. Legit deh :-P

Fine...hihihi...selera orang lain2 ya? Aku mah seneng. Sudah berubah kali citarasa ku :-)

Popular Posts