Sabtu, 28 Agustus 2010

Suvarnadvipa - Pulau Emas


SUMATRA - the Isle of Gold
Pameran khusus kebudayaan suku bangsa di Sumatra
Asian Civilisations Museum, Empress Place, Singapura
30 Juli - 7 November 2010
Tiket masuk: 8 dolar (dewasa), 6 dolar (anak)
Stasiun MRT terdekat: MRT Raffles Place. Lokasi klik ini.



          Asian Civilisations Museum (ACM) adalah salah satu tempat yang sering saya kunjungi, terutama jika sedang mengajar kelas intensif. Dengan main ke museum ini, kita bisa belajar tentang kebudayaan bangsa-bangsa di Asia, Asia Tenggara dan tentu saja Indonesia. Juga tentang sejarah agama Islam dan masuknya Islam ke Asia. Cara belajar yang menarik dan tidak membosankan lah.

Pameran Khusus
Dua hari lalu saya ke sini lagi. Dengan murid-murid juga. Untuk melihat pameran menarik di atas. Tujuan pameran adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat, tentang hubungan antara suku bangsa di pulau Sumatra dengan peradaban dan budaya bangsa lain di dunia seperti India, Cina, Eropa. Dan bagaimana kebudayaan-kebudayaan itu membentuk dan mempengaruhi budaya suku bangsa di Sumatra. 

Barang yang dipamerkan antara lain: model rumah gadang, singgasana raja suku Batak, bermacam kain tenun dari Sumatra, dan tentu saja...perhiasan dan peralatan rumah tangga dari emas, komoditas yang membuat Sumatra terkenal sekali di masa lalu. Itu juga sebabnya, jaman pra-Islam dulu Sumatra di kenal denan nama: Suvarnadvipa...pulau Emas.

Ohya, ada yang menarik akhir minggu ini:
Gratis kunjungan ke sana Sabtu dan Minggu ini, tanggal 28 dan 29 Agustus 2010

Akan ada berbagai pertunjukkan seni/tari seperti tari Perang, tari Piring dari Padang.
Ada juga demo dan hands -on ekshibit tentang cara membuat keranjang bambu. 
Untuk anak-anak? Aha...mereka bisa main 'treasure hunt' di galeri sekaligus mengumpulkan goodie bags, belajar membuat batik dll.

Asyik ya? Ayooo kita ke sana! :-)

Info lebih banyak tentang ACM, klik ini.

Enhanced by Zemanta

Tidak ada komentar:

Popular Posts