Jumat, 20 Juni 2008

Turis Lokal


(Singapore Flyer, the highest ferris wheel in the world)



(Esplanade, Theatre on the Bay)

Minggu depan si kecil sudah kembali bersekolah. Ayah dan bundanya sibuk gak bisa cuti panjang, akhirnya minggu ini kita memutuskan ambil cuti paksa (maksudnya bisa gak bisa...kita cuti sajah) biar bisa main-main dengan anak.

Hari ini jadi turis lokal dadakan. Sudah lama raja kecil minta ikut Hippo Tour ato Duck Tour. Hippo tour atau Duck tour itu tur keliling kota Singapura dengan mengendarai bis tingkat yg sudah dimodifikasi supaya kita bisa TOPless! Eit...jangan pikir macam2 dulu, maksudnya topless adalah bisnya dimodifikasi dg penghilangan sebagian atapnya (untuk hippo tour) dan kendaraan amfibi besar yg juga beratapkan langit (ini namanya duck tour).

Hippo tour itu tur keliling kota di darat saja (bisa pilih ada rute 'city' atau rute 'heritage' yg agak2 berbau sejarah). Dengan mengendarai hippo ini, kita bisa turun dan naik di halte2 bis tertentu di sepanjang rute perjalanan, dan tiket berlaku selama 2 hari. Lumayaan, terutama kalau kita sudah tau mau ke mana saja dan mau belanja apa saja di tempat2 itu. Tinggal turun di halter terdekat, belanja, selesai belanja naik lagi bis hippo yg lewat.

Kalau memilih ikut 'pusing-pusing' (baca: putar2) kota aja pun bisa, dan tur akan selesai dalam waktu 1 jam. Rute heritage (yg kita coba tadi) termasuk pergi ke Little India, Raffles Place / CBD area, Chinatown, Bugis, Kampong Glam/ Arab Street, Padang field, Parliament House, Singapore Flyer etc
(ki-ka: gedung sekolah desain Nafa yg baru, pasar loak 'taman puring' versi Singapura, terminal bis ke Johor di daerah Bugis)

Kalau Duck tour, kita akan agak sedikit 'basah', maksudnya rute perjalanan akan membawa kita nyemplung di Singapore river. Cuocok dan seru untuk turis muda (dan yg berlagak muda) seperti raja kecil kami dan ortunya! haha. Ooo...tapi kalau tur ini, kita tidak bisa turun-naik sepanjang rute. Kita cuma bisa duduk dan menikmati perjalanan saja. Laporan pandangan matanya besok yaaa...karena tiket hari ini sudah fully booked, mesti nunggu besok deh.

Senang juga jalan2 ikut Hippo Tour. Mbak Tour guide memberi penjelasan yg jelas dg bahasa yg mudah dimengerti. Dapat info/pengetahuan baru ttg sejarah Singapura, contoh:

Raffles Hotel yg terletak di pusat kota, di jalan beach road, dulunya memang di pinggir pantai makanya namanya Beach Road. Karena program reklamasi besar2an, pulau Singapura sekarang lebih besar 25% dari aslinya...hehe. Ada jalan namanya Bencoolen Street, itu karena dulu orang2 dari Bengkulu banyak bermukim di situ :)

Kalau sudah sore (sekitar jam 4-5pm ke atas) bolehlah duduk di atas menikmati pemandangan, tapi kalau masih siang, ada baiknya duduk di bawah saja karena ruangannya berAC jadi tidak terlalu terik. Di Singapura, siang hari bolong temperatur bisa mencapai 33-34C! Kalau tidak kuat, bisa kena heatstroke!


Oke....ini detail turnya:
Hippo TOur :
start : from Suntec City Mall.
Daily tour from 10am - 6pm
Ticket: $33 per adult (2 full day) or $13 (1 hour trip)
$17 per child 3-12yold (2 full day) or $7 (1 hour trip)

More info : http://www.ducktours.com.sg/

1 komentar:

Milla Widia N mengatakan...

duh jadi gak sabar pengen cepet2 kesana.... mau liat flyer, esplanade, merlion... kalo tempat belanja yg murah meriah dimana ya mba?

Popular Posts