Senin, 21 April 2008

RUBIK'S CUBE

(gambar dari official rubik's site)

Saya yakin biarpun anda tidak ingat namanya, tapi suatu masa dalam kehidupan anda...(ehmm....berlagak serius nih) anda pernah memainkan permainan/ puzzle ini.

Ya...puzzle Rubik's atau Rubik's Cube! Kubus 3 x 3 dengan 6 sisinya yang berwarna-warni. Saya ingat sekali sekitar tahun 1980an, sewaktu jaman SMP (hiiiii...sudah tua sekali ya) sempat tergila2 dengan permainan ini. Hebatnya lagi...seingat saya, sepertinya tidak ada kesulitan menyelesaikan 4-5 sisi puzzlenya.

Sekilas sejarah Rubik's Cube, diciptakan oleh Erno Rubik, seorang profesor, arsitek (:P) dan desainer dari Hungaria. Awalnya beliau menciptakan kubus ini untuk membuat model penyelesaian problem geometri 3D. Ternyata...dari niatan serius...akhirnya, model kubus beliau menjadi permainan...yang menurut saya "the coolest game in the world". Ternyata orang Inggris juga setuju, buktinya tahun 2007 Rubik's Cube dinobatkan sebagai 'The Coolest Brand'.

Sekarang, di Singapura, RUbik's puzzle sedang merebak lagi, mulai digilai lagi. Wah..wah...jadi latah lah saya dan suaminda. Suatu hari beliau menghadiahkan istrinya Rubik's cube. Tidak sabar rasanya pingin mencoba mengutak-atik puzzle ini lagi.

Eh..eh...eh....ternyata...sel2 kelabu (meminjam istilahnya detektif Hercule Poirot) saya sudah banyak yang karatan dan 'bobo'. Susaaaahhh....deh memainkan puzzle ini. Jangankan 4 sisi, dua sisi selesai saja rasanya sudah keringatan! Daan...lamanya itu, waduh, bisa berhari2...ditaruh dulu...biar kepala dingin dulu...diambil lagi dilihat2 lagi, dicoba2 lagi...gagal....ditaruh lagi! Halaaah....kapan selesainya yak.

Begitulah...bagaimana dengan anda? tertarik untuk mencoba membangunkan 'sel2 kelabu' anda? hehehe

http://www.rubiks.com/World/Cube%20facts.aspx

5 komentar:

ragil mengatakan...

enggak deh mba (cieee yg udah smp di thn 80an)..dari dulu saya musuhan sama mainan yang satu itu. Bukannya bikin saya seneng, malah ngejatohin mental hihihihi

Dyah Peni Tunjung Sari mengatakan...

Hihihi...yak betul sekali! Itu yg saya rasakan sekarang!

MomCelia mengatakan...

dulu gue ngga punya. dipinjemin temen aja... ngga fan2 amat sih tp jadi curious jg pengen main lagi. skg gue lagi demen shudoku (udah telat demennya)

Erika mengatakan...

buat tante yang SMPnya taon 80'an (hehehehe....)jangan bersedih hati,karena tante ga sendiri.....Aku main kotak2an itu(Aku baru tau namanya rubik)ga bisa juga,karena jengkel aku lepasin aja kotak2 kecilnya kupikir bisa disambung lagi,eh...jadinya malah rusak hehehehe.....sampe sekarang dah males lagi mainnya..

si Dyah mengatakan...

Lis,

Gw malah ciut disodori sudoku. Emang gak pandai kali yeee? hihi

Erika yang masih hijau :D
Sudha beli kotak2 baru lagi belum? Yang lama kan rusak! hehehe

Popular Posts