Senin, 20 April 2009

Bokek karena Gaptek

(gambar dari apple.com)

Buat Syari, just in case you are wondering apa arti kedua kata ini:
Bokek = bangkrut = broke
Gaptek = gagap teknologi, gak tech-savvy lah gitu.

Dua bulan ini saya megap2 bayar tagihan telepon genggam saya. Pasalnya tagihan melambung tinggiiiii sekali. Apa sebab? Karena saya kebanyakan menggunakan fasilitas GPS/ 3G atau apalah itu istilahnya.

Jadi begini, bulan Februari kemarin (tahu kan hari apa yg banyak diperingati orang2 kasmaran pada bulan ini) saya dapat hadiah kecil tapi canggih dari Mr. Perfectionist. Dia kasih saya iPhone. Gak tahu iPhone itu apa? Itu di atas ada gambarnya atau google aja ya...atau cari di apple.com  :D

Pokoknya pendek cerita, dengan gembira ibu gaptek ini menerima kado manis ini. Dan dengan polosnya gemar menggunakan fasilitas 3G / GPS untk bermacam keperluan (yang sebenarnya tidak perlu), contoh cari alamat via google maps, download aplikasi macam2, baca berita online dll dll. Sebenarnya kalau dilakukan di temapt yg ada hot-spotnya (wifi/ wireless connection) spt di rumah saya dan di banyak tempat2 umum di Singapura, jatuhnya tidak mahal. Tapiiiii...berhubung gaptek, saya tidak tahu kalau iPhone saya awalnya ada defect, chip wifi nya gak jalan. Jadi tidak bisa tersambung scr otomatis ke hotspot yg tersedia. Celakanya, si smartphone ini begitu menyadari tidak bisa menggunakan fasilitas wifi, dia langsung switch ke GPS tanpa bilang2 dulu kpd saya (bilang juga mungkin saya tidak mengerti). Naah...ternyata fasilitas GPS ini mahal sodara-sodara! Lha mana beta tahu! (begitu kali gaya bicaranya mas Bernie)

Setelah 1 bulan lebih...setelah menerima tagihan, jegerrrrr....hampir saya pingsan membaca tagihan saya! Aduuuh ...4 digit bow! Gelap...gelap...tiba2 dunia! (hehe ini hiperbola ya...jangan percaya). Untungnya (atau memang service providernya sudah pintar ya sudah mengantisipasi pelanggan2 gaptek tapi belagak gaya spt saya) tersedia diskon besar2an...sehingga saya tinggal (!!!) bayar bbrp ratus dolar saja. Siiigh....tetaplah itu jumlah yg banyak.

So...sekarang bagaimana?
Karena iPhone sudah baik, dan saya juga sudah jera...fasilitas GPS saya matikan. Saya pake wifi connection ajah, toh di rumah bisa, di tempat umum juga hampir selalu tersedia. 

Bagaimana komentar saya sbg pengguna iPhone? It is a very cool gadget! 
Aplikasi yg tersedia ada bermacam2, beribu2. Untuk kategori news, fotografi, ulitlities, time management, productivity, sampai games. Sekarang saya gak perlu bawa kertas kruwel2 bertuliskan daftar belanjaan krn saya sudah install aplikasi shopping list! hehehe
Desain? Gak perlu komentar ya, lihat saja sendiri barangnya, desain nya stylish minimalis. Jadi banyak gunanya ini smartphone, cuma memang musti kenalan dulu dong sebelum sok akrab menggunakan.

Tapi...kenapa saya harus belajar dari pengalaman pahit ya? Tidak ada yang manis saja kah? Beginilah kalau gadget lebih pintar dari pemiliknya. Bokek akhirnya!!

Pernah jadi korban gaptek juga tidak?

16 komentar:

Andy MSE mengatakan...

misakne polll... kalau saya sih sudah langganan akses internet juga... ketika dapat pinjaman blekberi atau aipon ya nggak masyalah untuk akses internet...
aneh ya! saya ndak pernah punya barang bagus, tapi justru tidak gaptek, soalnya saya meniru sopir bus.. jarang yang punya bus sendiri tapi gape banget nyetir bus, kadang malah ugal-ugalan, hehehe...

Firman Hadi mengatakan...

Sar, ralat nih, maksud kamu GPRS kali yeh hehe... iya bener matiin aja. Kalau GPS (Global Positioning System) itu system yg bantu penggunanya navigasi di bumi ini supaya nggak nggak nyasar. Not sure kalau di Iphone ada. Fasilitas GPS itu cukup bermanfaat dan gratis pulak jadi jangan malah kamu matiin!

dyah mengatakan...

Mas Andi,
Hihihi... Itu bedanya sampeyan dg saya, yg satu savvy yg satu gak ngerti! ;D

Firi, oiyaaaa betul GPRS bukan GPS. Bener kan gw gak bohong akan kegaptekan gw ;D
Pssst: apa bedanya sih?

Sultana mengatakan...

Dyah, thanks for the word translations. Learnt new Indonesian words today. He he he...

When I first used plain wap on my phone I used up all my prepaid credit.Saya juga Gaptek sih.. He he he That's why I never used postpaid. You'd lose track of how much you use.

Anyway, so cool of you hubby to give you an iphone... I'm still hinting my husband. Don't know whether he didn't understand or just pretend not to understand. LOL

dyah mengatakan...

Oiya fir, aku suka pake google maps kalo lagi cari lokasi, pake fitur yg ada menunjukkan di mana posisi kita jg, real time, itu gps bukan ya?

slam mengatakan...

Wah gok bisa gt.. Kalo saya langganan indosat 3g. Lemot poll

Firman Hadi mengatakan...

Nah yg itu baru GPS hehehe...

Lisa mengatakan...

Alhamdulillah belum terkena demam BB maupun iPhone....
jaman duluuuuuuuuuuuu sekali pernah dua tiga kali dapat tagihan telf yg tinggi krn dial up internet utk chatting.

dyah mengatakan...

Syari....so we are in the same boat ya... Sama, sami mawon, idem ditto hahaha.

As for the hinting to the hubby, i think its the latter deh Lol

Mas slam
Di sini mah koneksi iternet top, tersedia dmana-mana n kecepatan bagus... N harga terjangkau. Untuuuung...

Lisa,
Aku gak pernah chat pake telepon, komputerpun jarang. Tp skrg lumayan bisa cek email n cari info tanpa perlu buka komputer.

melynsalam mengatakan...

hihi..
gaptek memang bikin sengsara..

mbak, uda lama kita tak bertegur sapa.
apa kabar sii kecil aquila??

Anonim mengatakan...

Ning Dyah, ni hao ma?
Suwun banget jenengku disenggol nang tulisan apik ini. Artine wong kampung si jenenge Bernie iku ya dianggap rada penting hehehe... Wuih, geer buanget.

Gak usah kapok, gak usah kepikiran, anggap ae pengalaman. Jarene wong2, pengalaman iku kan guru sing paling josss.

Sing jenenge teknologi canggih, opo maneh IT, iku memang mesti ono sing anyar, saban wulan ono produk anyar, sing fitur-fiture akeh lan bla-bla-bla... Yah, wong kutha kayak Ning Dyah nang negoro singo ya kudu sinau biar kulino. Pokoke sing ati-ati biar dompete sampean gak sampek jebol maneh.

Berkah Dalem.

dyah mengatakan...

Bang Bernie, wo hen hao. Xiexie... Ni ne?

Itulah bang, saya ini (dan mungkin byk temen lain yg senasib) paling gak demen baca buku pedoman barang elektronik, ya dibaca... tp kyk gak gerti gitu! Jadi mending gak usah sama sekali! Hehe... Masih bela diri ya?

Akhirnya baca users guidenya kok, stlh Screen hp sempet hang n went blank n saya gaktau mbenerinnya. Setelah tilp apple customer care, mas-masnya kasi tau caranya. Gampang bgt....sampe malu, samle dikirimi link ke user guide itu td! Wadooh... Gapek bukan hny bikin bokek...tp jg malu. Hihi

dyah mengatakan...

Melyn:
Pakabar? ;D kami baik disini.
Aqila jg baik, mainlah ke blog dia ;D

Trimakasih sudah berkunjung ya

mrpall mengatakan...

walah....knalan dolo ajah ya,....

Milla Widia N mengatakan...

wiyyy... untungnya aku dah familiar sama iPhone ini sebelum dia booming di indon hihi.. sering kutak katik iPhone temen. waktu di singapur juga konek ke wifi terus pake ni gadget..keren bgt memang.

must have...! blekberi dah gak tertarik lagi dueh hehehehe...

HumorBendol mengatakan...

hehe...semua orang, awalnya juga pasti gaptek kok mbak.
Hanya karena mencoba dan terbiasa aja, jadi gapteknya pergi
hehe...
Pa kabar mbak?

Popular Posts