Minggu, 15 Februari 2009

Slumdog Millionaire

(poster dari Wikipedia)
Sutradara: Danny Boyle & Loveleen Tandan.
Produser: Christian Colson
Cerita: Simon Beaufoy dan Vikas Swarup (adaptasi dari buku dia juga)
Bintang antara lain: Dev Patel, Freida Pinto, Anil Kapoor, Irrfan Khan.
Lokasi syuting : India

I had no idea that I was going to be blown away by this movie when we decided to watch it yesterday. Dari judulnya...saya pikir ini film mafia kali yaaa....mafia kaya gitu.

Ternyata...filmnya begitu bagus dan menyentuh...and you are sure to shed tears watching it.

Ini review sederhana saya ya:

Cerita: 
Seorang remaja yang besar di daerah slum di Bombay menjadi peserta acara Who Wants to Be a Millionaire versi India. Dia diinterogasi polisi ketika dia sudah menang sekian juta rupee (kan di India) karena dikira dia curang. Ternyata dari interogasi, pelan-pelan terjawab lah mengapa dia tahu jawaban dari pertanyaan2 yg dilontarkan di acara  quiz ini, semua ada hubungannya dengan kisah hidup dia.

Cerita film seputar kakak beradik Jamal-Salim dan teman mereka Latika. Kisah hidup mereka sendiri penuh liku, masa kecil di daerah slum, menjadi yatim piatu karena kericuhan sosial (antar agama Hindu dan Islam), hidup sebagai pengemis, tour guide asal jadi, harus jadi pencuri untuk survive, sampai...akhirnya mereka berpisah dalam jalan hidup mereka sendiri2...untuk akhirnya dipertemukan kembali karena nasib.

Pemain: 
Aduhai...betapa cantik peran yg dibawakan tiga anak kecil pemeran Jamal, Salim dan Latika kecil. Dengar2 mereka memang anak penghuni kawasan kumuh di Mumbai. Ada pro-kontra ttg penggunaan aktor cilik ini. Ada orang yg menuduh produser film mengeksploitasi kehidupan mereka dll dll. Menurut saya, man...this is real. Ada memang anak2 yg hidup seperti ini. Dikabarkan bahwa produser memberi imbalan kpd mereka dalam bentuk education trust fund spy mereka bisa sekolah hingga selesai tuntas. It is a novel idea, i think. Daripada dikasi uangnya trus habis gak jelas rimbanya...

Film ini bagus ditonton karena sarat penggambaran dari apa artinya 'perjuangan hidup', bahwa hidup itu susah dan keras, dan bahwa di dunia ini (at least di Mumbai lah) banyak Salim-Jamal, termasuk di tanah air. Penggambaran daerah slum di Mumbai dengan gunungan sampah dan penghuninya di satu sisi dan perumahan / perkantoran modern di sisi lain, anak2 jalanan yg harus mati2an mempertahankan hidup, dieksploitasi, diusir, direndahkan... Hmm...the picture looks familiar ya?

Tertawa, tercekat, tersedak, terharu dan terisak2 ....ini mungkin perasaan yg akan anda alami ketika menonton Slumdog. Secara pribadi film ini kembali mengingatkan saya, betapa mudah, aman dan nyamannya hidup kami, hidup anak saya. Membuat saya  benar2 mensyukuri apa yang saya miliki. 


"It is destiny. It is written"
Kata Jamal kepada Latika, teman semasa kecil dan juga his soulmate. Tentang apa nih? Will they finally be together? Will you see a happy ending atau sad ending? 


Kalau film ini sudah main di tempat anda, coba luangkan waktu untuk menonton ya, to find out the answer and then tell me what you think about the movie!

7 komentar:

elajahiDuniaEly mengatakan...

jadi pengin nonton

Arya mengatakan...

Hmmm...bikin orang penasaran, dosa loh mbak...
pertama baca postingan, kirain seperti film-film India yang hanya "keprak-keprak kebruk", yang sering diputar di tipi-tipi Indonesia.
Wah, fee dari meresensi film ini, pasti dapat tiket lagi untuk nonton film yang sama ya...he..he...
Sip mbak, bikin aku penasaran, mudah-mudahan malam ini tetep bisa tidur walau penasaran ;)

si Dyah mengatakan...

Mbak ely dan Arya:

Silakan nonton...filmnya bagus, tidak akan mengecewakan!

Indahjuli mengatakan...

Saya sudah nonton film ini, keren.
Katanya di India, film ini di black list yah ?

si Dyah mengatakan...

Indah,
Iya...kali ya...kalo suara pro-kontra sih banyak di sana. Kan penggambaran negara itu di film bukan suatu yg indah (hehe....kok kyk namamu)

Di Indonesia bisa masuk gitu film ini? Ada sensor gak? terutama di adegan kerusuhannya?

ulycology mengatakan...

di Indonesia main. Tapi yang muter Blitz megaplex, kurang tahu 21 bakal muter film ini atau tidak.

Anyway slam kenal...

Aku udah nonton film ini.

Scene-scene saat mereka kecil itu bagus banget, kejar-kejaran di lorong sampai minta tanda tangan si artis india terkenal.

A must watched movie i think..
(i shed tears also.. huhuhu)

Sudah nonton Changeling?
that's quite a cool movie too

Regards

si Dyah mengatakan...

Salam kenal juga mbak Ulycology (wha....apa ini artinya)

Belum nonton tuh, musti tunggu saat yg tepat (maksudnya atur2 jadwal supaya bisa ninggali si kecil di rumah)

Oiya, tadi mampir ke blog kamu, tapi gak bisa tinggalin komentar lho

Popular Posts