Selasa, 17 Februari 2009

ASEP ASEP ... KABUT ASEP!


Tiap tahun ada periode di mana kota kecil ini diselimuti asap, biasanya akibat kebakaran hutan yg terjadi di negara tetangganya (tebak di mana hayooo!). Kalau sudah begini, koran2 lokal ramai mengulas hal yang sama...dari tahun ke tahun ke tahun lagi. Kalau sudah terjadi, bisa-bisa si Merlion di foto di atas tidak terlihat!

Nah...sudah bbrp hari ini di sini ada kabut asap tebal. Hari Minggu udara panas pengap karenanya, akhirnya kemarin (Senin) turunlah hujan lebat. Alhamdulillah....rada lega dan adem dikit alh sekarang. 

Dari tetangga lagi nih asap nya? Ooo...ternyata kali ini kita sendiri yang menyebabkan. Pasalnya, banyak terjadi 'bushfire' (skala kecil kalau dibandingkan dg yg terjadi di Australia...but it was bushfire nonetheless) di sini. Cuaca yg kering panas dan angin kencang penyebabnya. Oalaaaah....

Apa dampak cuaca panas dan bushfire ini buat saya?
1. Nyapu...nyapu...ngepel and ngepel lagi. Waaah....kok lantai rasanya kotor terus
2. Si Raja Kecil batuk2...rasa2nya sih agak kumat asmanya...kesiaaaan

Tuh kan...efek global warming sudah terasa ke individu. Hayook ah kita bersikap lebih baik pada bumi kita.

8 komentar:

ibu rumpi mengatakan...

kalo di surabaya sekarang juga lagi musim kabut asap tebal.... khususnya di Lapindo...... o ya ding, di komplekq asapnya dari penyemprotan nyamuk demam berdarah......

Arya mengatakan...

wahh...wah...tetangga yang mana nih ?
mbak...
joomla, drupal, dan satu lagi aku lupa, itu sama dengan wordpress, publishing partform. Masing-masing punya keunggulan. Cuma awalnya remixmax pake joomla, kemudian ada hole yang gak bisa kita atasi, jadi admin dan passwordnya keblokir spam, maka kita pake wordpress dot org.
Lho kok ga jadi komen tentang asap sih..
Ya wis seperti judul pilm di bioskop, asap pasti berlalu...*iiih maksa judulnya*
Mudah-mudahan si kecil mampu bertahan dan ga terlalu sesak napas..amien..

si Dyah mengatakan...

@ibu rumpi:
Saya udah mampir di blog nya ibu rumpi, ternyata emang rumpi abis yaaa! hehe

Eh...jangan salah, di sini juga masi ada tuh yg suka fogging buat ngusir nyamuk Dengue! Tapi di tempat saya sih ngga, cuma di daerah lain juga ada kok. Lha sama2 negara tropis siiih

@Arya:
Haha...tebak aja sendiri tetangga yg mana! (clue: negaranya gede dan byk hutan...tapi sayangnya banyak dibakar juga hutannya)

Ooo...jadi itu toh joomla, masing2 apa kelebihannya ya? Gampang gak dipakenya? (ini is a must buat saya lho!)

omiyan mengatakan...

sebelum bumi isinya kabut dan asep ayo kita bersih-bersih diri dimulai dari lingkungan kita...

Lisa mengatakan...

kalo lg masa2 gini, pasti gerah deh jadi org indo.... *dipelototin org melulu ya*

si Dyah mengatakan...

@omiyan:

mari...mari...sama2 kita mulai, yg kecil2 aja dulu yaaa

@lisa:
gerah pisan...bosen n capek juga ditanya2 (baca: dicecar) melulu, kenapa...kenapa...?
Duuuh...

Syari mengatakan...

It was in 2005 when the air was so bad that KL declared emergency, I think Singapore too? (not sure). Quite early eh the haze? Usually the worst times are around June, July and August.

si Dyah mengatakan...

Syari, you are right it was in 2005. I remember this because Aqila had very bad respiratory problem due to the thick haze! I had to keep all doors and windows shut, it was terrible.

This year...it is way too early to have the haze. I think last year started around May-June. I wonder how long this vicious cycle is going to go on! Oh dear... :(

Popular Posts