Selasa, 25 Agustus 2020

Seri Covid19 - Crazy Quilt table Runner


Hikmahnya tinggal di rumah saja selama masa pandemi Covid19 adalah, kita jadi punya waktu untuk mengerjakan hobi lama yang sempat terhenti. Punya waktu untuk menyelesaikan proyek-proyek yang setengah jalan. Punya waktu untuk bersapa dengan teman dan saudara. Punya waktu untuk berefleksi...dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Punya waktu untuk memulai hobi baru. Punya waktu untuk bercengkrama dengan keluarga, dan banyak lagi.

Tentunya ada efek buruknya juga tinggal di rumah saja selama masa pandemi ini. Orang jadi malas bangun pagi dan bersiap berkegiatan. Hari-hari berlalu dengan monoton, tiap hari tiada beda. Bosan tidak terkira. Bahkan ada orang yang sampai menjadi stres karena tidak bisa pergi ke mana-mana. Ada juga pasangan yang kepingin cerai, setelah terpaksa tinggal di rumah saja selama masa pandemi. Haduh...mana tahan! Ada lagi yang memulai hobi baru...belanja online. Haha....ini benar terjadi pada salahsatu anggota keluarga saya ya. Bukan saya ya.

Bagaimana dengan saya? OK, 1. saya sekarang tahu bagaimana caranya belanja online. Ooh...tapi bukan saya yang hobi belanja di keluarga saya ya. Sekarang saya mengerti metode pembayaran paynow paylah dan pay-pay lainnya. Untungnya saya tidak hobi belanja. Jadi uang saya bisa dibilang aman di Bank. 2. Saya memulai lagi hobi lama atau kebiasaan baru. Salahsatunya menjahit dan quilting. 3. Saya mengaji setiap hari, dan ternyata menyejukkan sekali, ditambah rasa senang karena sedikit demi sedikit, mengaji saya makin lancar. Diselangseling dengan mempelajari tafsir dan menulis, kebiasaan bagus ini dimulai sejak Ramadan yang baru lalu. Tahun ini, puasa dan shalat taraWih lengkap setiap hari bersama keluarga. Alhamdulillah.

Ok, tadi sidetracked sedikit. Maaf ya. Sebenarnya kali ini ingin pamer hasil kerja. Dua hari ngebut menyelesaikan crazy quilt block yang sudah lebih dari satu tahun terbengkalai. Rencananya mau dijadikan selimut atau bedcover....tapi...ah kapan selesainya kalau begitu. Akhirnya menguatkan hati untuk mengganti proyek menjadi proyek table runner. Haha. 

7 crazy block panel ukuran 11inch bujur sangkar (yang sudah jadi), dibuat  bingkainya, disambung panelnya, ditambah backing, dijahit quilt, dan sekarang mejeng di kamar Ibu. Besok akan diteruskan dengan menjahit binding. Ini akan dijahit tangan..sabar-sabar. 

Bagaimana, bagus tidak hasilnya? Oh ya lupa, belum menjelaskan apa itu Crazy Quilt. Kalau mau lengkap infornya, silakan gugel aja.  Kalau mau cepat dan singkat, berikut ini penjelasannya. Crazy quilt itu metode menyambung kain perca menjadi quilt block. Memanfaatkan kain perca yang ada. Dari dua kain perca disambung menjadi satu. Setelah punya cukup banyak kain perca seperti ini, disambung lagi dari dua perca menjadi satu lagi. Begitu terus sampai mendapat ukuran block yang diinginkan. Kain perca bisa ukuran kecil sedang atau besar. Terserah saja, kan namanya crazy quilt. Tidak ada benar atau salah.

OK. Posting ini baru akan diupdate kalau table runnernya sudah selesai. Saya pikir, kalau santai mengerjakaannya, mungkin makan waktu tiga sampai empat hari baru klaar. Ya tidak apa. Tidak terburu-burukok. Nantikan updatenya ya!
Contoh quilt blocknya

Tidak ada komentar:

Popular Posts