Jumat, 03 Juni 2016

Belajar Membuat Quilt


Hidup dikelilingi anggota keluarga yang suka dan pandai menjahit akhirnya menggugah rasa ingin tahu saya untuk mencoba menekuni hobi ini. Ketinggalan jaman? Halah...tidak ada alasan itu. Sekarang, hobi menjahit menjadi tren lagi lho. 

Baiknya saya mencoba yang mudah dulu. Kalau menjahit baju, rasanya belum ada kemampuan. Jadilah saya berporos menjahit quilt. Quilt itu seni menjahit kain bertumpuk yang dijadikan bermacam fungsi misalnya selimut, taplak meja, mug rug dan lainnya. Uniknya seni menjahit quilt adalah karena kita bisa merancang pola/ desain dengan menggunakan bermacam kain perca, seperti contoh di atas. 



Proyek 1: Mug Rug untuk Teachers' Day

Bagaimana perjalanan jahit-menjahit saya? Awalnya memang penuh dengan tantangan. Jangankan menjahit mesin, menjahit jelujur tangan saja saya lupa caranya. Haha. Terakhir kali menjahit adalah waktu saya di masih bersekolah di SMP. Tidak ada yang saya ingat dari pelajaran di SMP. Yang pasti, saya selalu merasa bosan bukan buatan di kelas ini. Untungnya sekarang saya punya guru yang asyik sekali yaitu adik saya dan ibu saya. Terimakasih ya bu, sudah bersabar menjelaskan bagaimana menggunakan mesin jahit. Terimakasih ya dik, sudah meminjamkan peralatan quilting seperti penggaris, rotary cutter, alas pemotong hingga modal bahan. Haha saya memang benar2 miskin modal. 

Sekarang saya benar-benar merasakan asyiknya menjahit quilt. Senang sekali kalau pola yang kita buat berhasil menjadi quilt cantik. Jahitan mesin saya pun sekarang semakin rapi. Baru-baru ini ada teman yang memesan 1 set placemats. Oow...saya senang mendapat tugas seperti ini! Sudah banyak ide desain di kepala, tinggal pelaksanaannya saja. Tunggu update nya ya?!


Tidak ada komentar:

Popular Posts