Rabu, 29 September 2010

SEHAT ITU MURAH, SEHAT ITU MUDAH

... di Singapura.

Siapa bilang perlu modal besar untuk menjadi sehat? Tidak perlu jadi anggota klub Gym atau fitness kok. Salah satu keberuntungan tinggal di Singapura adalah kemudahan melakukan olah raga murah meriah seperti berjalan cepat, berlari dan bersepeda. Dengan rasa malu saya mengakui, ini baru saya rasakan baru-baru ini (2 bulan yang lalu), ketika saya mulai rajin berolahraga lari.

Setelah melakukan olah raga, barulah saya sadar (dan mensyukuri tentunya), ternyata kota kecil ini benar-benar menata kehijauan lingkungannya. Di bawah naungan National Parks, badan pengelola dan perencana kehijauan Singapura, pemerintah membangun taman kota di mana-mana. Taman-taman ini berada dalam jalur "Park Connector Network" yang menghubungkan taman di distrik satu dengan distrik lainnya.

Karena jalur ini dipisahkan dari jalur kendaraan bermotor, para pengguna park connector bisa menikmati dan menelusuri jalur tanpa rasa was-was akan dilanggar mobil atau motor. Enak ya?

Website National Parks juga menyediakan peta dan jalur connector yang bisa diunduh secara gratis. Jadi...kita bisa membuat rencana sebelum menelusuri salah satu PCN ini. Saya punya beberapa orang teman yang serius melakukan rencana rute lari mereka dengan memanfaatkan website ini! Website itu juga berisi informasi lengkap tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan taman-taman kota, konservasi, penghijauan dll. Silakan cek sendiri ya.

Ini contoh linknya, jalur Serangoon ke Punggol Park di daerah utara.
Atau PCN Pasir Ris dan East Coast yang populer itu.

 View dari seberang danau di Punggol Park. Cantik ya?

 Naik sepeda di sepanjang longkang (gorong-gorong) Serangoon - Hougang - Punggol Park.

 Pasir Ris Park adalah tempat main populer untuk anak-anak.

 Di Pasir Ris PArk bisa main layangan ...

Atau just being silly....:-)

Ada link video youtubenya juga lho...kita jadi ada gambaran tentang jalur itu.
Untuk lengkapnya bisa lihat peta jalur Park Connector Network di sini

Tentu saja, taman-taman kecil di lingkungan perumahan juga ditata apik supaya para penghuninya bisa berolah raga tanpa perlu jauh-jauh meninggalkan rumah.

Ini taman dan play ground di belakang rumah saya. Sekali putaran taman ini sekitar 200m (diberi tanda tiap 50 m) jadi kita bisa kira2 berapa jarak lari yang sudah kita tempuh ya?

Mau bersepeda atau jalan kaki atau lari, bisa dilakukan kapan saja, tinggal ambil sepatu (dan sepeda buat yang bersepeda) lalu....hit the connector network!

Jadi....tidak ada alasan untuk tidak berolahraga ya? :-)

Foto-foto ukuran besar: Rida S

2 komentar:

vera mengatakan...

yang paling diacungin jempol dr negara singa ini emang kebersihannya ya, sampe aku pernah tuh makan roti di pinggir siloso beach di sentosa, remah2 rotinya yg tercecer aku ambilin saking takut ngotorin soalnya lingkungannya bersih ga ada sampah sama sekali. coba di indonesia ky gitu ya

si Dyah mengatakan...

Vera,

Makasih komentarnya.
Memang benar...kalau dibandingkan Indonesia ya Singapura jauh lebih bersih dan apik. Kapan ya...negara kita bisa begini?

Popular Posts