Jumat, 19 Maret 2010

BELAJAR LAGI...UJIAN LAGI...


Beginilah nasibnya jikalau kehilangan SIM tanah air dan tidak diurus lagi. Kejadiannya terjadi bertahun-tahun yang lalu, tapi baru terasa repotnya sekarang.

Repot karena ketika perlu menyetir mobil di tempat saya tinggal sekarang... saya harus membuat SIM lokal dan mengikuti prosedur tiap tahapnya...satu per satu. Gak ada itu yang namanya SIM 'tembak' di sini...hehehe. Yaah...tidak apalah ikut ujian lagi...hitung2 jadi pengalaman dan juga...jadi cerita tentunya. :-)


sebenarnya Mr. Perfectionist aka suaminda sudah menyindir dari jaman2 dulu, spy saya buat SIM lagi. Tapi yah...dasar malas dan sudah keenakan dan puas dg pelayanan transportasi umum di negara kecil ini. Lama2...kebutuhan mendesak, anak makin besar dan byk kegiatan, ibu yg jg makin sepuh dan tidak bisa jalan jauh lagi. Yasudah...mari kita buat SIM lagi :-)

Bagaimana prosedur mendapatkan SIM di Singapura? Jika anda tidak punya SIM keluaran tanah air (untuk warga asing) yang bisa dikonversi ke SIM Singapura, anda harus mengikuti tahap di bawah ini. Jika anda punya SIM tanah air yg masih berlaku, anda hanya perlu lulus ujian teori dasar, dan langsung mengkonversi SIM anda menjadi SIM Singapura. Mudah ya? Sayang sekali, bukan itu jalan saya :-(

Prosedur mendapatkan SIM di Singapura:

1. Ambil ujian Teori Dasar (Basic Theory). Biaya 6 dolar saja
Begitu lulus...kita bisa buat Provisional Driving License (PDL), semacam SIM sementara. Tanpa PDL, kita tidak boleh latihan menyetir di jalan raya. PDL ini hanya berlaku 6 bulan, jadi dalam waktu itu kita sudah harus lulus ke tahap berikutnya. Tidak lulus ujian basic? Ambil ujian lagi.
2. Latihan menyetir di jalan dengan didampingi instruktur. Biaya persesi 67-75 dolar (per 2jam), tergantung apakah latihan dilakukan pada jam sibuk atau tidak. Instruktur bisa pilih sendiri, atau minta petunjuk sekolah menyetir.
3. Ambil ujian Teori lanjutan (Final Theory). Biaya 6 dolar juga
Lulus tahap ini, bisa ambil ujian berikutnya, yaitu ujian praktek. Ujian praktek harus dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sesudah kelulusan tahap ini.
4. Mengikuti ujian praktek (Practical Test) di jalan raya. Biaya 120 dolar (termasuk sewa mobil ujian)
5. Lulus ujian praktek...kita resmi boleh menyetir di jalan dgn masa percobaan 1 tahun. Dalam masa 1 tahun itu...di mobil kita harus ditempel stiker kode SIM masa percobaan. Supaya pengendara lain tahu dan ekstra hati-hati jika dekat mobil kita mungkin ya? hehehe

Okeh...jadi, di tahap mana saya sekarang? Hehehe...baru lulus tahap 1! LOL
Masih panjang ya urusannya? Tapi saya kan sudah bisa menyetir...jadi harusnya tahap berikutnya mulus2 saja. Target nih...bulan Juni sudah bisa bawa mobil sendiri. Doakan yaa!


5 komentar:

Lidya mengatakan...

kalo aku yang bikin disana sudah dipastikan gak lulus hihihi

si Dyah mengatakan...

Lidya,

Lha...knp gak lulus? Belum juga coba! hehehe

Syari mengatakan...

My driving M'sian license expired a year or so ago. Transportation quite good here, don't need to drive. But if I do need to drive, then I need to sit for the theory and driving test again. Sucks right? Wish can have our own personal drivers :D

ndutyke mengatakan...

ayo nyetir yg bener yaaa :D

si Dyah mengatakan...

Syari...
That is my case! Hahaha... Sucks yes...but i have no choice :-( endure....

Tyke...ya bu. Nanti kalo ke sini saya supiri deeeh! :-)

Popular Posts