Minggu, 28 Februari 2010

MULAI LAGI...

(Taman dekat rumah. Kering kerontang...)


Mulai lagi...
hidung saya berair lagi...
tenggorokan sakit lagi...
mata perih lagi....

Ah...ternyata...
si asap sudah datang lagi...

Setiap tahun penyakit radang tenggorokan yang biasanya akan juga menjalar ke hidung telinga dan mata, selalu bertandang dan tinggal beberapa hari di tubuh saya. Salah satu penyebabnya? Asap dari kebakaran hutan di tanah air. Tahun ini biang kerok jatuh sakitnya saya, adalah juga kebakaran hutan, tapi...kali ini hutan lokal (biar kecil...tetap saja disebut hutan) di sini! Bush fire! Waaaa....

Bukannya ingin pamer tapi sepertinya hidung saya ini memang punya penciuman ekstra terhadap bau asap. Orang lain belum mencium bau apa-apa, saya sudah ribut berkata udara sedang tidak bagus dan berasap karena hidung saya memberitahu saya. Dan benarlah...di surat kabar dan berita TV kemudian diberitakan bahwa memang hari itu cuaca sedang berkabut asap. Juga mata saya...jikalau mata tiba2 terasa perih, pedas dan panas, padahal tidak sedang berada di cafe yg penuh asap rokok, ah...itu pasti karena si asap juga. Susahnya tenggorokan lah yg biasanya membuat masalah...karena begitu dia teriritasi...alamak, langsunglah saya sakit. Seperti minggu lalu ;-(

Jadi ingat....tahun lalupun...kejadian dan masalah yang sama menimpa juga.

Cuaca yang panas juga ada andil dalam anjloknya kesehatan. Singapura dan negara Asia Tenggara lainnya sedang terlanda gelombang panas memang, kombinasi dari pemanasan global, yg menyebabkan kebakaran hutan, kekeringan di Cina, Filipina... aiiih.

Sekarang saya ingat....minggu lalu ada satu siang di mana saya keluar masuk gedung dingin berAC dan berpanas ria di luar. Akhirnya badan protes karena bingung. Akhirnya...sakit deh. Pantaaaas....

Duuuuh...masih harus menghadapi cuaca panas untuk beberapa bulan ke depan...:-(

Pemanasan Global is really happening!

4 komentar:

Lidya mengatakan...

kalo disini sih hujan terus nih

tukangecuprus mengatakan...

beberapa hari ini cuaca dingin karena hujan, kecuali kalau lagi nonton tv soal DPR dan Makassar. Panas telinga.

Lambertus Hurek mengatakan...

Waduh, jadi gak enak ya kita di Indonesia. Sampaikan maaf untuk sahabat-sahabat di Singapura yang terganggu oleh ekspor asap. Kasus ini sudah lama dan berulang dari tahun ke tahun, tapi masih belum bisa diatasi juga.

si Dyah mengatakan...

LIdya...
iya...denger2 di tanah air mah hujan terus ya? Asal tidak banjir :-)

Gil...
Apalagi di sini dong. Sudah udara panas...nonton acara di DPR pulak...kepanggang!!!

Bang Hurek,
ehehe...saya pasrah deh. Bener memang...tiap tahun beginiiii saja kejadiannya. Siklusnya...kok gak ada perbaikan ya?

Popular Posts