Selasa, 20 Januari 2009

Fruits of CNY

 
(kika atas: water gourd : yellow pumpkin)
(kanan bawah: pomelo) 
Minggu depan libur panjang di sini, Chinese New Year jatuh pada tanggal 26-27 Jan 2009.

Di mana2, dari mulai mal sampai pasar basah, banyak kios dadakan yg menjual pernak pernik CNY. BUah2an imut di atas itu termasuk salah satunya. Si water gourd (gak tau nama Indonesianya) itu buah yg bisa dibilang 'wajib' ada di rumah2 penduduk yg merayakan Imlek di Singapura. 

Nama buah itu  dalam bahasa Hokkien :  fatt choy yang artinya kemakmuran dan keberuntungan, membuat buah ini langganan manis untuk hiasan di rumah. Jadi...bukan untuk dimakan yaaa. Labu ini bisa dipajang atau digantung sebagai hiasan rumah, bisa juga dijadikan sesajen di altar leluhur di rumah2. 

Buah lain yg juga biasanya hadir pada perayaan CNY adalah nanas, labu kuning, pomelo (sejenis jeruk bali), jeruk mandarin (of course), semuanya karena nama buah2 an ini bisa berarti : fortune, luck, prosperity, longevity...pokoknya yg bagus2 lah. Cuocok kan untuk menyambut Tahun Baru?
Posted by Picasa

10 komentar:

Humorbendol mengatakan...

walah..gak bisa dimakan ya? Padahal dah mo minta mbak
hehe

Lambertus L. Hurek mengatakan...

Selamat libur tahun baru Tionghoa. Catatan ringan macam ini sangat membantu saya memahami tradisi Tionghoa di Singapura.

Buah-buah kayak gini juga ada di Surabaya. Makin ramai sejak tiga tahun terakhir. Tapi ya itu, hampir 100 persen IMPOR. Kita sendiri sebenarnya bisa menanam, tapi sejak dulu agroindustri di Indonesia tidak jalan.

Kenapa? Salah satunya karena insinyur2 pertanian banyak yang tidak kerja di sektor pertanian. Contohnya: saya! Hehehe...

GBU.

gus mengatakan...

hiks, ga bisa dimaem yak...padahal saya dah kesulitan nahan air liur neg......

Neng Keke mengatakan...

Pomelo juga engga bisa dimakan?

si Dyah mengatakan...

Mas Gus, Mas Bendol dan Neng Keke:

Buahnya bisa dimakan gak?
Ya bisa aja...Pomelo kan enak :)

Tapi kalau lagi menyambut Tahun Baru spt ini, mending jadi hiasan dulu ya. Soalnya tujuannya kan mengundang semua kebaikan, keberuntungan, kemakmuran, panjang umur...semua yang bagus2 gituuu.

@Mas Hurek:
Wah...di sini sih buah nya dari China ato Malaysia..hehehe...

Mungkin petani2 di tanah air belum melihat potensi pasarnya kali, makanya belum byk yg menanam dan memanen buah ini dekat2 Tahun Baru :)

mas pram mengatakan...

jeruk lokam ada yack??

Ayu mengatakan...

Mbaak, musti siap2 nyetok makanan ga buat tahun barunya? Toko2 tutup yah? Tahun pertama nih imlek di Singapura...ga bisa mudik karena ada si kecil huhuuuuu.........

si Dyah mengatakan...

@mas Pram : jeruk lokam kan jeruk mandarin ya? Ya pasti ada dong...ini kan yg dibawa tamu untuk tuan rumah jika kita lagi berkunjung :)
Biasanya orang yg belum kawin akan bawa jeruk lokam untuk tuan rumah ketika berkunjung, dan tuan rumah nanti akan memberi hongbao sebagai gantinya.

Isi hongbao (angpau) berapa? Tergantung : bisa 2, 8, 10, sampe ratusan bahkan ribuan dolar. Tergantung kemampuan dan kedekatan secara garis keluarga.

@Ayu: kayaknya sejak 2-3 tahun lalu, udah gak begitu parah deh. Masih ada toko2 yg buka, kalo gak salah cold storage supermarket buka. Tapi...gakda salahnya ngecek persediaan beras dan roti...hehe

Judith mengatakan...

Ngiler liat aneka buah begitu :) kebayang ngunyah yang kecut2, mata melek merem, lidah mengecap.. bener2 olah raga buat kelenturan kulit muka *hayah ngomong apa nih*

Jeng Dyah... pasti rame ya di Singapore. Ditempatku sepi..
Salam buat Aqila ya, Ultahnya udahan ato belon? :D

si Dyah mengatakan...

@mbak Judith
hihi...seru ya mbak liat buah2an ini.

Aqila sekarang lagi panen jeruk mandarin...ternyata dia suka sekali! Bisa habis 3-4 buah sehari!

Ya iyalah di Swiss sepi, kan gak banyak yg merayakan! Di sini sudah kayak pasar deh...rame...

Ultahnya sudah Des 08 kemarin lho! Jadi Aqila lebih tua 1 bulan kurang dikit dari pada Andy....hehe

Popular Posts