Jumat, 22 Oktober 2010

Senang-Senang Sekaligus Dapat Resep Anti Macet

Kalau anak anda penggemar bis, kereta api, mobil dan semua yang berhubungan dengan alat transportasi darat ini...datanglah ke LTA Gallery, dijamin akan puas di sana.

LTA gallery terletak di komplek kantor Land Transport Authority (LTA) di jalan Hampshire Road, diapit Kampong Java Road, Bukit Timah Road dan Tekka Lane/Race Course Road. Berseberangan dengan rumah sakit KK Hospital. Lihat peta ini untuk lebih jelasnya. (Jangan tersesat ya...ini sudah lengkap lho informasi lokasinya)

Galeri LTA adalah museum yang mengetengahkan pameran perkembangan transportasi darat di Singapura sejak tahun 60an hingga sekarang. Galeri ini juga berisi informasi tentang strategi dan pengaturan transportasi darat yang dijalankan oleh pemerintah Singapura. Dari sini kita tahu resep anti macet mereka! Silakan baca terus ya
Uncle...jangan salah memberi isyarat lalu lintas ya!

Taksi gelap. Dulu ada banyak dan sering menipu

Zaman dulu karcis bis masih dibolongi hihi. Saya sempat mengalami lhoo! 

Buku rute bis dari berbagai era

Contoh karcis bis jaman dulu


Plat kendaraan dengan berbagai warna dan artinya. Cuma tahu kalau yg berwarna merah artinya kendaraan itu cuma bisa dipakai off peak hour.

Geser-geser screennya untuk mendapat info selanjutnya

Poster besar interior galeri.  Suka gayanya. "Hati-hati jangan berdiri di tengah jalan Nak!"

Menunggu filem diputar

Ketika filem diputar

Ini kali ketiga kami ke sini. Tahukan siapa yang selalu mengajak ke sini dan ke sini dan ke sini lagi :P
Duan minggu lalu kami ke sini dan surprise...suprise...ketika kami mengungkapkan bahwa kami sudah beberapa kali ke sini, kami dipersilakan masuk ke galeri tanpa dipandu! Asyiiik!  Karena berarti kami bisa coba2 sendiri semua ekshibitnya :P

Pameran dan ekshibitnya interaktif, didesain dan memanfaatkan teknologi canggih. Sangat mengasyikkan dan seru.

Tempat favorit kami adalah  teater kecil di mana kita bisa mencoba (simulasi) bekerja sebagai perencana di LTA. Pemirsa diminta membuat keputusan untuk situasi2 yang berbeda berkenaan dengan kebijakan perhubungan darat.

Contoh pertanyaan/situasi:
1. Perkembangan penduduk menyebabkan permintaan akan penyediaan transportasi umum yang lebih baik. Bagaimana melayani semakin banyaknya pengguna transportasi umum bis? a) menambah jumlah bis b) mempercepat jadwal kedatangan bis. Silakan pilih

2. Bagaimana mengatasi kemacetan jalan? a)menambah ruas jalan b) menambah alternatif trasnportasi umum. Silakan pilih


Screen pada sesi simulasi





Apapun jawabannya...kemudian kita diberi penjelasan, akibat dan konsekwensi yang terjadi jika kebijakan itu yang kita ambil. Seperti bermain saja, tapi tanpa sadar kita diberitahu bahwa membuat keputusan dan kebijakan ttg perhubungan darat itu tidak mudah. Pintar ya?

Nah dari permainan simulasi ini kita diberi resep anti macet, cuma-cuma lho.
Ini dia resepnya....catet ya!:
1. Menerapkan kuota jumlah kendaraan di jalan lewat COE atau Certificate of Entitlement. Jadi mau punya mobil harus bisa beli (secara lelang) sertifikat ini. Lelang diadakan tiap bulan. Dan kalau jumlah kuota mobil yang bisa dibeli bulan itu sedikit, harga COE bisa melambung hingga(terakhir kira-kira $40 ribu per mobil). Ini surat sertifikat saja lho...belum termasuk harga mobil!
2. menambah ruas jalan
3. leverage on technology--> menggunakan teknologi canggih untuk memantau kelancaran lalu lintas
3. Restrain from using roads --> menerapkan pajak jalan ERP pada pengguna kendaraan pribadi, supaya terasa bahwa memakai jalan itu perlu bayar. Hehe

Menariknya lagi galeri ini gratis. Tidak perlu beli tiket masuk.
Ada guided tour untuk umum, sangat disarankan untuk diikuti. Anda hanya perlu menelpon untuk membuat janji saja terlebih dahulu.

LTA Gallery
1 Hampshire Road
Singapore 219428

Opening Hours: 
Tuesdays to Sundays: 9am to 5pm
(closed on Mondays and Public Holidays)
Public tour times: 9am, 11am, 1pm and 3pm (total 4 shows, every two hours)



Tel: 6396 2550
Fax: 6396 2551
Email: LTGallery@lta.gov.sg
Bookings for tours must be made at least 3 days in advance.

Click here to view the Land Transport Gallery Brochure.
For more information on LTA Gallery, click here


Enhanced by Zemanta

Tidak ada komentar:

Popular Posts