Minggu, 27 Juli 2008

Menurun, menukik...untuk mencapai prestasi?

Baca arikel di koran, katanya birthrate di negara kecil ini makin menurun  saja. Makin sedikit pasangan yg mau punya anak, kalo ada anakpun cuma satu-dua saja. Banyak pasangan yg menunda perkawinan, ato menunda punya anak, yg ekstrim pun ada, tidak mau punya anak!

Pemerintah terus menerus mencoba mendongkrak produksi SDM nya yg terbatas ini. Dari mulai baby bonus (bonus uang lumpsum bagi tiap anak yg dilahirkan dari keluarga warga negara singapura), subsidi ini itu (childcare, trnsport, father's maternity leave), subsidi untk first time HBD owner (rumah susun di sini). Tetap saja...hasilnya blom menggembirakan (kata artikel yak).

Pikir2...gimana juga orang mau punya anak banyak, kalau pola dan iklim kerja di sini masih seperti sekarang. Semua harus serba cepat, dan kerja, kerja, kerja! It is kinda stressful memang kerja begini terus menerus setiap hari. Berhubung blom pernah tinggal di negara lain, jadi gak bisa membandingkan. Tapi menurut artikel sih, di sini kurang santai hidupnya, karena semua focus pada hasil dan prestasi. 

Baru2 ini ada hubungan dengan teman sekolah dulu. Dia baru dipindahkan kerja di sini, setelah byk tahun dihabiskan di AS dan kembali ke tanah air. Katanya dia kaget bgitu menyadari rental apartment di sini lebih tinggi dari di Chicago. Dia stres karena anaknya stres sekolah. Pre-school kok byk amet tugasnya! katanya. Lah....welcome to Singapore Pak. Ya begini ini tinggal di sini. 

Memang sptnya negara kecil ini gak punya pilihan lain selain terus berprestasi. Supaya bisa bersaing di dunia. Sulitnya, SDM nya yg segini-gini aja jumlahnya jadi kewalahan kalau masi disuru berprestasi 'mencetak' bayi! Udah gak da tenaga kaliiiii


2 komentar:

Mamana Celia mengatakan...

Gw ngerti dy gimana susahnya mengimbangi antara anak, keluarga dan kerjaan. Tapi ya what else can we do??? Enaknya ya kita jadi deket ama anak dan suami krn saling tolong menolong gitu.

milla mengatakan...

awardnya sebagai lambang persahabatan saja sih sebenarnya... kalo musim award gitu bisa 2-3 kali dikasih sama temen2 blogger lainnya hehehehe...jadi seperti pesan berantai gituh :D

Popular Posts