Jumat, 27 Juli 2007

Bantal...oh I miss you!

Sudah sebulan ini saya kurang tidur. Hampir tiap malam saya berangkat tidur paling cepat jam 2 dini hari. Iya...serius, tidak bohong. Perkaranya? Karena saya dikejar-kejar proyek terjemahan yang tak kunjung selesai!

Awalnya saya menerima proyek ini karena berpikir ingin membantu teman. Dia minta saya turut serta dalam proyek ini. Proyeknya adalah sebuah buku tentang sejarah dan kegiatan sebuah organisasi nirlaba lokal yang banyak berproyek sosial di tanah air kita Indonesia. Jadi pikir-pikir...ada tambahan pemasukan (walau tak seberapa, khan namanya juga proyek amal) sambil membantu dan beramal.

Ternyata oh ternyata....buku versi Inggrisnya pun belum kelar, bagaimana dengan versi Indonesianya..betul tidak? Sialnya, tenggat waktu ternyata mepet...in the end...sayalah yg mesti kebat kebit kerja sampai dini hari! Padahal....sudah dibantu saudara dan teman menerjemahkan sebagian babnya loh! LAh....tiap kali ada revisi versi Inggrisnya, ya versi Indonesianya revisi juga dong. Sialnya lagi (sial melulu ya), saya lupa minta mereka (saya kerjasama dengan penerbitnya) tanda tangan kontrak kerja dengan term-term yang saya inginkan, misalnya revisi cuma bisa dua kali selebihnya bayar lagi atau cari orang lain untuk meneruskan pekerjaan...hehehe.

Yah...namanya juga belum berpengalaman. Setelah melewati masa stres berat, mengalami fase ngamuk-ngamuk kepada editor, sakit hati berat karena pekerjaan dicoret-coret dan dikomentari pada saat-saat terakhir, harus membuat perubahan lagi....alhamdulillah...akhirnya minggu ini, proyek ini dinyatakan selesai (karena bukunya sudah naik cetak). Horrreeeeee......

Apapun hasilnya...gak tahu itu gaya bahasanya pasti amburadul, proofread juga seadanya yg sempat dibaca saja. Pokoknya ....saya tidak mau bersentuhan lagi dengan proyek ini dan organisasi ini dan teman saya yang satu ini! Waaaa...trauma bung!

Malam ini...saya mau menikmati bau bantal saya...dan tidur nyenyak, diselimuti udara dingin sejuk. Hmmmm....uaaahhh....

Tidak ada komentar:

Popular Posts