Minggu, 01 Agustus 2010

RIHLAH HADRAMAUT

The high-rise architectures at Shibam, Wadi Ha...Image via Wikipedia
Alkaff, Alsagaff, Aljunied, Alattas, Aidid...punya teman dengan nama keluarga ini?

Besar kemungkinan, nenek moyang teman anda berasal dari Hadramaut, sebuah daerah di negara Yaman.

Pernah jalan2 di Singapura dan melihat nama mesjid, nama jalan, nama bangunan, nama stasiun MRT dengan nama ini? Atau terkagum melihat Alkaff Mansion?

Ya  mesjid dan mansion itu didirikan oleh warga keturunan Arab dari Hadramaut, Yaman.

Menurut sejarah sejak abad 7-9 orang Arab dari Yemen (via kota pelabuhan Mukalla sudah berlayar untuk berdagang ke Malaysia, Indonesia dan Singapura.

Sejak Belanda membuka kantor di Hadramaut 1614, makin banyak para Hadrami (orang dari Hadramaut) bergerak dalam bidang pelayaran dan perdagangan. MEreka lalu menetap di Jawa, Madura, Batavia.

Sejak Sir Stamford Raffles membuka Singpaura menjadi kota pelahuban internasional, para Hadrami ini mulai juga menetap di Singapura. Nah...merekalah nenek moyang teman-teman anda tadi.

Apa kegiatan mereka pada abad 18 hingga awal abad 20 di Singapura? Bisnis Real Estate, Perdagangan, Jurnalisme dan Percetakan, dan Religi (usaha travel ke Mekkah, membuat madrasah dan mesjid).

Menarik? Nah...kalau mau tahu lebih banyak tentang kaum Hadramaut, nenek moyang keturunan Arab di Asia Tenggara, datanglah ke pameran di National Library of Singapore.

Pameran: Rihlah (artinya journey)
              The Arabs in Southeast Asia
Tempat: National Library of Singapore, Bugis
             Exhibition Area, Level 10
Masa pameran: 11 April - 10 October 2010 jam 10 am - 9pm
Bagaimana ke sana: Naik MRT dan turun di stasiun Bugis, lalu jalan kaki.

Maaf...tidak ada fotonya, karena tidak diperkenankan. Silakan datang saja sendiri yaa!
Enhanced by Zemanta

4 komentar:

Sultana mengatakan...

Alkaff sounds like the name of S'porean celebrity. Was it Moe alkaff?? hmmm Must be from the same family I suppose. He he he.

If I'm living somewhere there, suppose I'd visit the exhibition. :)

dyah mengatakan...

Syari...

Iya benar. Alkaff family is wellknown for their (used to be) beautiful Alkaff mansion. It is in a devastating state now, but i think the government is putting this building in their heritage buildings list. I heard the gobernment is looking for investor to renovate and develop the place.

Indah Juli mengatakan...

punya teman famnya Alattas dan Alkaff, tapi baru tau dari blog ini kalau mereka dari Hadramaut :)

Anonim mengatakan...

Sangat menarik dan layak disimak orang2 Indonesia. Saya punya kenalan penulis buku produktif, editor buku, bekas wartawan yang spesialis pemerhati warga keturunan Hadramaut. Orang2 keturunan Arab di Indonesia macam di kampung Arab, Jalan Sunan Ampel dan sekitarnya di Surabaya, juga di kota2 lain di Indonesia memang berasal dari Hadramaut. Mereka tersebar di mana2, punya keturunan yang sekarang ini sangat mudah kita jumpai. Termasuk teman2 kita lah hari ini.

Banyak di antara keturunan Hadramaut ini jadi orang2 terkenal. Sebut saja Achmad Albar (rocker Godbless), bekas Menlu Ali Alatas, Muchsin Alatas, hingga Helmy Sungkar.

Hidup Hadramaut!

Popular Posts