Minggu, 18 April 2010

PIXAR di SINGAPORE!


Pixar Merchandize
Perlu dihindari...jika gakmau si kecil merengek minta dibelikan mainan!
Woody the cowboy
"To infinity...and beyond!" kata Buzz the Lightyear

Setelah nyasar ke Discovery Centre minggu lalu...(jangan ketawa...ini betulan terjadi!) akhirnya tadi kita sampai juga di Science Centre untuk melihat Pameran "20 tahun Pixar"

Tidak tahu Pixar? Hehe....pasti bukan penggemar film animasi ya? Sudah menonton film Cars? Finding Nemo? Monsters Inc? The Incredibles? Wall-E? Ratatouille? Up? Toy Story 1-2-3? Nah...pasti sudah. Paling tidak, salah satu film itu. Pixar itu rumah produksi di Amerika Serikat yang memproduksi film-film animasi bagus di atas.

Sekarang sedang ada pameran 20 tahun PIXAR di Science Centre Singapore. Pameran berlangsung dari bulan April - Juni 2010. Buat anda yang bercita2 akan berkecimpung di computer film animation atau sekadar suka corat-coret gambar komik sendiri...pameran ini cocok untuk anda :-)

Buat anda yg ingin menumbuhkan kecintaan anak anda menggambar dan imajinasi...silakan juga bawa si kecil ke sini.

LIHAT APA?
1. story boards...story boards...story boards...

Di bagian ini, dijelaskan secara sederhana proses pembuatan film dari mulai pengembangan ide cerita dengan adegannya, lewat story boards. Asik lihat coretan2 para artis ini!

3. Gambar2 karakter dari berbagai cerita: perkembangan Buzz the Lightyear, the Tractor di film Cars...yg BnW atau full colour. Bagus sekali! Coretan artis kelas dunia!

4. Patung/ Cast model untuk karakter2 di film
Model asli, lengkap dengan titik2 mapping untuk mengembangan 'mood' dan ekspresi karakter di cerita.

5. Zoetrope
Bentuknya seperti komidi putar mini (diameter sekitar 1,20m) dan di dalamnya terdapat banyak figurine/maquette (3D) dari cerita Toy Story 2 dengan berbagai pose. Jika komidi putar kecil ini berputar (dengan kecepatan tertentu) lalu ditembak dengan lampu khusus (seperti lampu flashlight kamera) yang akan ditangkap oleh mata kita adalah gerakan2 yang mulus dari para figurine itu...motion picture... Prinsip dasar pembuatan film. Cool exhibit!

Saya ingat dulu waktu kecil, saya suka coret-coret bikin komik bergerak. Caranya, kertas ditumpuk (bisa juga pake buku) lalu digambari orang (stick figure) yang bergerak2 atau menari2. Tiap lembar... si 'orang' digambar dengan pose yang berbeda. Kalau bukunya dibuka lembar perlembar secara cepat, gambarnya seperti bergerak. Samalah ya...prinsip nya? hehe

6. Artscape - instalasi seni dalam bentuk films 'collage' yang diolah dengan pintar sekali. Dari satu frame ke frame lainnya...ditampilkan di layar lebar, silih berganti. Mengundang imajinasi membawa penonton ke bermacam emosi. Cakep!

Banyak lagi...susah menyebutkannya. Jadi biar mudah...datanglah ke sini. Masih sampai bulan Juni kok :-)

Mohon maaf, gak bisa foto2 di dalam pameran. Gakda bukti ya? Hehehe...ya datanglah ke sini untuk membuktikan ulasan saya!

Info lebih detail, cek ini: www.pixar.com.sg

1 komentar:

Lidya mengatakan...

wah ada Buzz, untung deh Pascal gak liat bisa tekor nanti :)

Popular Posts